Kuliner di Malang

Berikut ini adalah tempat kuliner di Malang yang harus anda kunjungi menurut pantauan g-trans… sesuai urutannya:

KULINER YANG BERADA DI KOTA MALANG

1.BAKSO PRESIDENT

Di kota malang ini identik dengan kuliner Baksonya. Salah satu tempat bakso di Malang yang legendaris yaitu Bakso Presiden,  kenapa Bakso President? Awal mula Bakso President ini berdiri tahun 1977 oleh Abah Sugito. Kuliner Bakso ini paling legendaris tak salah kalau para artis bahkan Presiden pernah makan Bakso di tempat ini. Lokasi Bakso President ini yang membuat unik sehingga memiliki daya tarik tersendiri yaitu disamping rel kereta api yang masih aktif digunakan. Sensasi inilah yang membuat para pengunjung penasaran untuk datang ke tempat kuliner ini. Bagi anda yang ingin tahu dan ingin juga datang, alamatnya yaitu di jalan Batanghari no. 05 Malang, atau tepat dibelakan pas hotel Savana.

kuliner bakso peresident

Bakso President

2. TOKO OEN

Toko atau sebuah restoran Toko Oen namanya, mulai berdiri di Malang pada tahun 1930. Restoran ini sangat terkenal dengan es krim nya yang khas.  Sedikit menyinggung sejarah, es krim “Oen” ini awalnya diciptakan oleh oma Oen yaitu keturunan tionghoa yang pertama kali di mulai di Jogjakarta pada tahun 1910, baru kemudian berkembang ke kota Semarang, Jakarta kemudian di Malang. Sayangnya yang di Jogja dan Jakarta sekarang sudah ditutup. Selain rasa es krim nya yang khas restoran ini memiliki segi bangunan tempo dulu, ini yang jarang sekali dimiliki restoran es krim di tempat lain. Kalau anda ke Malang tidak salah kalau ingin mampir dulu kesini, alamatnya berada di jalan Jendral Basuki  Rachmad No. 05 Malang.

Es krim Malang 'Toko Oen'

Toko Oen

3.RAWONG RAMPAL

Kuliner berikutnya rekomendasi dari kami adalah “Rawon Rampal”, yap! Rawon ini adalah Rawon yang spesial di Malang, rasa yang sueger dan  daging yang besar-besar sehingga layak kami menyebutnya spesial. Rawon Rampal ini asli dari Malang terkenal ramai sekali, dari pagi jam 6 (jam buka) sampai sore jam 5 (jam tutup) selalu dipadati pengunjung. Saya yakin kalau anda sudah pernah mencoba Rawon di tempat ini serasa ingin datang lagi. Jangan salah lho, sampai Bapak Presiden (pada waktu itu bpk. SBY) sangat suka, dan kalau ke Malang beliaunya pasti sempatkan mampir kesini. Nggak kuatir meskipun Ramai tetapi pelayanannya cepat kok, jadi jangan takut antri lama. Selain Rawon ada juga menu lain diantaranya: Soto dan Nasi pecel, saya jamin rasanya juga oke banget. Langsung aja kunjungi alamatnya berada di jalan Panglima Sudirman No.71A Klojen Malang (dekatnya lapangan rampal pasti semua tahu).

Rawon Rampal Malang

Rawon Rampal

4. SOTO LOMBOK

Soto Lombok Malang

Soto Lombok 1967

Ada lagi lho kuliner legendaris yang ada di Malang selain yang susdah disebutkan diatas yaitu ‘Soto Lombok’. Rumah makan ini sudah ada sejak tahun 1955, sangat ramai di kunjungi oleh wisatawan dari luar kota. Atau Orang yang dulunya pernah tinggal (menempuh pendidikan di Malang) pasti kalau ke Malang lagi tujuan utamanya adalah makan Soto Lombok. Kenapa sih kok disebut Soto Lombok? apa masakan soto-nya pedes gtu? bukan. Yang benar kenapa rumah makan ini di sebut rumah makan Soto Lombok karena letak nya di jalan lombok, hehe… Benar karena itulaj kenapa disebut Soto Lombok. Menu Andalannya adalah soto ayam, rasanya membuat orang ingin datang lagi percaya deh. Alalmatnya ada di jalan lombok No. 01 Malang, jam buka dari pukul 07:00 s/d 24:00.

5. HOT CWIE MIE MALANG

Nah lagi kuliner yang patut anda coba adalah Hot cwie mie Malang. Kuliner yang satu ini merupakan mie yang berbeda penyajiannya yang khas dari lainnya. Yang menjadi perbedaan atau keistimewaannya terletak pada saos-nya yang hot yang tidak dijumpai di tempat manapun. Saos-nya yang tersaji dengan saos pedas dan saos tidak pedas kemudian di beri toping jamur diatasnya (menu spesialnya). Dan satu lagi bedanya mangkok mie-nya bisa anda makan, hehehe…seru kan! Pasti pada penasaran dengan kuliner yang satu ini. Langsung anda kunjungi alamatnya ada di Ruko jalan S. Parman 56 Kav. A-5 MALANG. Jam buka dari jam 10:00 s/d 21:00

Hot Cwie Mie Malang

Hot Cwie Mie Malang

KULINER DI KOTA BATU

POS KETAN (Legendaris 1967)

Nah setelah kita sudah membahas kuliner pokok yang ada di kota Malang sekarang kita akan melihat kuliner-kuliner apa sih yang ada di kota Batu sendiri. Yang pertama yaitu Pos Ketan Legendaris, kalau anda pergi ke Malang jangan lupa sempatkan untuk pergi ke alun-alun kota Batu juga, di sebelah baratnya alun-alun disitulah kolasi Pos Ketan yang terkenal itu. Kalau anda yang belum pernah kesini jangan kaget melihat antrian yang panjang hanya untuk membeli ketan ini. Beberapa menu pilihan diantaranya ada ketan bubuk, ketan meses, ketan susu keju, dan masih banyak lagi pilihannya. Tapi yang menjadi menu andalannya adalah ketan durian. Bagi anda yang hobi makan durian harus coba menu yang satu ini pasti mantap. Alamatnya ada di jalan KH. Agus Salim kota Batu, jam buka mulai Pukul 16:30 s/d 02:00.

Pos Ketan Legendaris

Pos Ketan Legendaris

WARUNG SIDIK

Yang berada diurutan kedua yaitu Warung Sidik, kami suka membahas kuliner-kuliner legendaris karenanya sudah memiliki banyak pengalaman dan bisa dijadikan icon. Warung ini berdiri sejak tahun 1948-an, meskipun berdiri sudah puluhan tahun, warung yang mirip bangunan rumah ini masih terlihat bagus, rapi dan terawat dengan baik. Di Warung Sidik ini menyediakan beberapa menu makanan khas jawa seperti nasi rawon, nasi soto, bali telur, gudeg, kari ayam, krengsengan dan ada menu lainnnya. Nah kalau anda suka atau penasaran khas jawa ala Warung Sidik segera datangi alamatnya ada di jalan Agus Salim No. 47 A Batu mulai buka pukul 06:00 s/d 19:00.

Warung Sidik Batu

Warung Sidik 1948

WARUNG BAMBU

Berikutnya kalau anda sedang liburan ke arah pemandian air panas cangar atau ke arah selcta tidak ada salahnya anda mampir ke rumah makan yang juga cukup lama dan terkenal ini. Menu masakan yang disajikan adalah menu ikan dan menu ayam. Keistimewaan dari tempat ini adalah suasana yang indah, jadi para pengunjung ditemani ribuan ikan koi. kok bisa? jadi disekelilingi tempat duduk lesehan itu disamping ada kolam dan kolam itu ada sekitar ribuan ikan koi, kita bisa menikmati pemandangan yang langka ini, pengunjung juga bisa mencelupkan kakinya ke kolam. selain itu suara gemericik air membuat pengunjung seakan menikmati suasana makan di alam pegunungan. Wuiiih, Gimana tertarik untuk datang? alamatnya ada di kelurahan bumiaji arah ke selecta, tepatnya sebelum hotel purnama kanan jalan kalau dari arah kota Batu.

Warung Bambu Batu

Warung Bambu Batu

Oleh-oleh Khas Malang

Tiap-tiap kota pasti memiliki makanan khas atau oleh-oleh sendiri termasuk juga kota Malang. Oleh-oleh khas termasuk beraneka ragam yang terkenal salah satunya yaitu ada keripik tempe sanan, aneka keripik buah, pia mangkok dan ada juga oleh-oleh Malang yang baru yaitu strudel. Selain itu masih ada lagi oleh-oleh lainnya, berikut kami dan tim mencoba mengulas oleh-oleh khas Malang dari masa ke masa:

KERIPIK TEMPE SANAN

Kenapa disebut keripik Sanan? Karena keripik tempe ini di produksi di Sanan. Apa itu Sanan? Sanan adalah nama kelurahan di Malang yang terkenal dengan produksi keripik tempenya. Kawasan ini sejak tahun 1990-an sudah terkenal menjadi ikon pengusaha keripik tempe yang menghasilkan cita rasa yang enak, renyah dan gurih. Ketika bulan Ramadhan katanya masing-masing pengusaha tempe di sanan rata-rata memiliki pesanan sampai 10 kuintal keripik tempe. Penasaran untuk membelinya? Silahkan datang ke tempat produksinya di daerah sanan.

keripik tempe di sanan

Keripik Tempe Sanan

ANEKA KERIPIK BUAH

Selain terkenal dengan keripik tempenya, Malang juga terkenal dengan keripik buahnya lho! Ada bermacam-macam keripik buah untuk anda bisa temukan di Malang tetapi yang paling populer adalah keripik apelnya. Karena di Malang sendiri adalah penghasil apel, selain keripik apel ada juga keripik buah lainnya seperti semangka, melon, salak, nangka dang kelengkeng. Anda bisa memilih sesuia selera. Terkahir tim survey melihat harganya juga relatif terjangkau yaitu kisaran 10rb-15rb. Kalau berbicara rasa, percaya deh enak banget. Untuk mencari keripik buah ini di Malang tidak sulit kok, hampir disepanjang di toko-toko jualan keripik buah ini.

Keripik Buah Malang

Aneka Keripik Buah

PIA MANGKOK

Selain di Pathuk – Jogja ada juga lho “Pia” di Malang, namanya “Pia Mangkok”. Eh namanya kenapa ya kok Pia Mangkok, apa bentuknya seperti mangkok ya? hehehe. selidik punya selidik kenapa disebut Pia Mangkok karena Pia ini merk-nya cap Mangkok. Owalah gitu aja… Oleh-oleh yang satu ini jangan ketinggalan disebut dalam list, rasanya enak dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Selain itu jangan kuatir soal statusnya, Pia Mangkok ini halal kok untuk dikonsumsi tidaka ada unsur bahan yang mengandung haram. Jadi buruan beli sebanyak-banyaknya untuk buah tangan keluarga, teman kantor atau kolega anda. Lokasinya ada di jalan Semeru N0. 25 Malang atau di pusatnya di Villa Tidar Indah N0. 5 Malang. Jam buka dimulai pukul 08:00 s/d 20:00.

Pia Mangkok Malang

Pia Mangkok Malang

BAKPAO TELO

Lhahdala,,,Oleh-oleh yang satu ini cukup aneh dan beda, kenapa kok bisa begitu? Bakpao telo namanya. Bakpao kok telo? telo itu apa sih kok baru kedengaran. Telo itu artinya ketela, atau menurut orang Malang telo itu ketela umbi. Oleh-oleh Bakpao telo ini tergolong baru, namun begitu pamornya tidak kalah dengan oleh-oleh Malang lainnya. Selain Bakpao telo itu sendiri ternyata produksi olahan dari bahan ‘telo’ tidak berhenti di menu Bakpao telo saja, ada keripik, es krim, pizza dan nugget. Lokasi Bakpao telo ada beberapa tempat, awalnya berada di perbatasan antara Lawang-Purwodadi arah Surabaya kalau dari malang, tetapi sekarang di Malang sudah ada, lokasinya ada di arah ke kota Batu kalau dari Malang, depannya kampus UMM (Universitas Muhhamadiah Malang) persis. Silahkan datang…

Bakpao Telo

Bakpao Telo Malang

STRUDEL MALANG

Yang satu ini adalah oleh-oleh Malang baru saja terkenal, pasti banyak bertanya-tanya apa itu strudel. Menurut dari situsnya strudel sendiri sih yaitu kue berlapis dari pastry yang isinya dari buah-buahan. Ceritanya kue ini adalah makanan yang populer di jaman Hasburg Empire (1278 – 1780) di Austria, waow lama banget ya. Hehehe… Makanan ini awalnya dari bangsa Yunani dan Turki  yang dikenal sebagai Backlava. Begitulah sejarahnya menurut cerita dari situsnya strudel. Nah sidikit tau kan, kepingin jelasnya langsung coba sendiri seperti apa sih bentuknya. Di Malang sendiri sudah ada beberapa cabang yaitu di jalan Kawi dan di jalan Borobudur atas. Buka pagi jam 09:00 s/d 21:00.

Strudel Malang

Strudel – Malang